VISI
“Menjadi Prodi Desain Komunikasi Visual Unggul dan Terpercaya di Tingkat Nasional dengan Reputasi Global di Bidang-bidang komunikasi dalam bentuk visual, animasi dan Ilustrasi pada tahun 2044”
MISI
- Menyelenggarakan proses Pendidikan tinggi di bidang-bidang komunikasi dalam bentuk visual, animasi dan Ilustrasi melalui proses pembelajaran dengan menerapkan kurikulum yang berorientasi masa depan untuk menghasilkan keunggulan kompetensi lulusan pada skala Nasional dan Internasional;
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang-bidang komunikasi dalam bentuk visual, animasi dan Ilustrasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni inovatif dan bermanfaat melelui kemitraan yang berkesinambungan pada skala Nasional dan Internasional;
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang komunikasi dalam bentuk visual, animasi dan Ilustrasi untuk pemberdayaan masyarakat melalui kemitraan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan;
- Menyelenggarakan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, adil dan bertanggungjawab dalam upaya menciptakan harmonisasi dan produktivitas kerja yang berdampak kepada peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan;
- Membangun kerjasama dengan sekolah menengah, industri, asosiasi profesi, LSM, perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri dalam upaya menciptakan sinergi untuk melaksanakan tri dharma berdasarkan kepada manfaat bersama dan kesetaraan yang berdampak kepada keunggulan bersaing institusi;
- Menyelenggarakan usaha-usaha kreatif sesuai dengan kompetensi dan sumber daya institusi yang memiliki keunikan dan keunggulan bersaing sebagai wujud layanan kepakaran institusi serta meningkatkan kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan.
Semester 1
- Pancasila dan Kewarganegaraan
- Gambar Bentuk
- Gambar Sketsa
- Gambar Figur dan Gestur
- Dasar-dasar Desain
- Nirmana 2D
- Photography
Semester 2
- Metodologi Desain
- Nirmana 3D
- Photography Editing
- Komputer Grafis Dasar
- Desain Advertising dan Publishing
- Tipografi
- Pengantar Komunikasi dan Media
Semester 3
- Visual Branding
- Bahasa Indonesia
- Desain Interaktif
- Digital Layouting
- Konten dan Video Pendek
- Animasi Digital
- Pilihan 1 ( Packaging, Komik, Animasi 2D)
Semester 4
- Animasi Cerita
- Desain Karakter
- Manajemen Produksi Animasi
- Sejarah Seni Rupa
- Ilustrasi & Storyboard
- Produksi Audio Video
- Pilihan 2
Semester 5
- Motion Grapic
- Desain Infografis
- Animasi Komersil
- Visual Effect
- Presentasi dan Pitching
- HKI
- Teori Sosial
Semester 6
- Animasi Sosial
- Animasi Public Space
- Sejarah Seni Populer
- Agama
- Entrepreneurship
- Bahasa Inggris
- Pilihan 3
Semester 7
- Kerja Praktik
- Seminar Proposal
Semester 8
- Tugas Akhir
BIDANG PENDIDIKAN
- Dihasilkan lulusan yang berintegras, berperilaku luhur, bertanggung jawab, mandiri dan berjiwa wirausaha di bidang Desain Komunikasi Visual khususnya komunikasi dalam bentuk visual, animasi dan Ilustrasi sebagai pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
- Dihasilkan lulusan yang memiliki penguasaan teori yang kuat dan kemampuan praktik secara profesional di bidang Dersain Komunikasi Visual khususnya komunikasi dalam bentuk visual, animasi dan Ilustrasi.
- Dihasilkan lulusan yang mampu merancang dan mengaplikasikan Desain Komunikasi Visual khususnya komunikasi dalam bentuk visual, animasi dan Ilustrasi, di tengah-tengah masyarakat dengan mengedepankan prinsip etika dan moral.