Visi

Menjadi Program Studi Manajemen Informatika Unggul dan Terpercaya di Tingkat Nasional dengan Reputasi Global dalam Bidang Pemrograman dan Multimedia pada Tahun 2044“.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di bidang Pemrograman dan Multimedia melalui proses pembelajaran dengan menerapkan kurikulum yang berorientasi masa depan untuk menghasilkan keunggulan kompetensi lulusan pada skala Nasional dan Internasional;
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang Pemrograman dan Multimedia untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang inovatif dan bermanfaat melalui kemitraan yang berkesinambungan pada skala Nasional dan Internasional;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pemrograman dan Multimedia untuk pemberdayaan masyarakat melalui kemitraan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan pada skala Nasional dan Internasional;
  4. Menyelenggarakan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, adil dan bertanggungjawab dalam upaya menciptakan harmonisasi dan produktivitas kerja yang berdampak kepada peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan;
  5. Membangun kerjasama dengan sekolah menengah, industri, asosiasi profesi, LSM, perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri dalam upaya menciptakan sinergi untuk melaksanakan tri dharma berdasarkan kepada manfaat bersama dan kesetaraan yang berdampak kepada keunggulan bersaing institusi;
  6. Menyelenggarakan usaha-usaha kreatif di bidang Manajemen Informatika bidang Pemrograman dan Multimedia sesuai dengan kompetensi dan sumber daya yang memiliki keunikan dan keunggulan bersaing sebagai wujud layanan kepakaran.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku dan kompetensi unggul di bidang Pemrograman dan Multimedia, khususnya dalam pengembangan perangkat lunak, manajemen sistem informasi, serta desain dan analisis data, yang relevan dengan kebutuhan industri serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menerapkan kurikulum MBKM yang mengedepankan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, manajerial, literasi finansial, literasi digital, serta kewirausahaan bagi mahasiswa agar siap beradaptasi dengan dunia kerja dan wirausaha.
  3. Membangun kelembagaan penelitian dan PkM yang kuat dengan mendorong budaya riset di kalangan dosen dan mahasiswa, serta menjalin kemitraan dengan industri, pemerintah, dan pakar di bidang teknologi informasi.
  4. Menghasilkan luaran penelitian dan PkM yang berkontribusi terhadap pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran, serta mendukung inovasi dan penerapan teknologi dalam pengembangan masyarakat.
  5. Meningkatkan kegiatan intelektual, olahraga, dan seni yang melibatkan sivitas akademika pada tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa secara holistik.
  6. Mengintegrasikan nilai-nilai luhur Universitas Bina Insani dalam sistem pendidikan dan pengelolaan program studi guna membangun karakter unggul pada lulusan.
  7. Mewujudkan sistem pengelolaan program studi yang profesional, transparan, dan akuntabel dengan menerapkan prinsip-prinsip Good University Governance untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.
  8. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal secara berkelanjutan guna meningkatkan standar mutu akademik dan non-akademik, serta menjamin kepuasan seluruh pemangku kepentingan.
  9. Mendorong etos kerja yang tinggi di kalangan dosen dan tenaga kependidikan dengan menerapkan sistem merit yang berbasis reward and punishment serta melakukan evaluasi kinerja secara terukur.
  10. Memperluas kemitraan dengan institusi dalam dan luar negeri guna meningkatkan kolaborasi dalam bidang tridharma perguruan tinggi, termasuk kerja sama akademik, penelitian, dan program magang industri.
  11. Mengembangkan sumber pendapatan alternatif melalui inkubator bisnis, business startup, layanan kepakaran, dan inovasi di bidang teknologi informasi guna mendukung kesejahteraan sivitas akademika serta keberlanjutan program studi.

Sasaran

Sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang telah disebutkan, maka D3 Manajemen Informatika menetapkan strategi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan jumlah kerja sama dengan industri, perguruan tinggi, dan institusi lain bidang Pemrograman dan Multimedia dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik pada bidang Pemrograman dan Multimedia di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  3. Meningkatkan jumlah dosen dengan sertifikasi keahlian dan publikasi ilmiah pada bidang Pemrograman dan Multimedia.
  4. Mendorong dosen untuk aktif dalam penelitian dan publikasi ilmiah pada bidang Pemrograman dan Multimedia.
  5. Menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan teknologi terkini dan kebutuhan industri pada bidang Pemrograman dan Multimedia.
  6. Meningkatkan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa dalam jurnal nasional dan internasional pada bidang Pemrograman dan Multimedia.
  7. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi pada bidang Pemrograman dan Multimedia.
  8. Meningkatkan jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja dalam waktu kurang dari 6 bulan pada bidang Pemrograman dan Multimedia.
  9. Menjalin kerja sama dengan industri untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi lulusan pada bidang Pemrograman dan Multimedia.
Lulusan Program Studi Manajemen Informatika memiliki karir dalam bidang  Programmer, Multimedia Specialist EffectTechnopreneur bidang Multimedia dan Pemrograman Dekstop/Web.
SEMESTER 1

1.    Bahasa Inggris I

2.    Kewarganegaraan

3.     Pengantar ICT

4.     Algoritma dan Pemrograman 1

5.     Logika Informatika

6.     Pengantar Jaringan Komputer

7.     Struktur Data

SEMESTER 2

1.    Bahasa Inggris II

2.    Bahasa Indonesia

3.     Algoritma dan Pemrograman 2

4.     Sistem Manajemen Basis Data

5.    Statistika dan Probabilitas

6.     Desain Grafis

7.      Multimedia 1

SEMESTER ANTARA 1

1.     Pendidikan Agama

2.     Pengantar Sistem Operasi

3.     Etika Profesi IT

SEMESTER 3

1.    Bahasa Inggris III

2.    Pancasila

3.    Pemrograman Berorientasi Objek

4.    Pemrograman Web Dasar

5.     Perancangan Basis Data

6.     Analisis Proses Bisnis

7.     Multimedia 2

SEMESTER 4

1.       Pemrograman Web Lanjut

2.       Rekayasa Perangkat Lunak

3.       Pemrograman Mobile Dasar

4.       Interaksi Manusia dan Komputer

5.       Pemodelan 3D

6.       Multimedia 3

SEMESTER ANTARA 2

1.        Kewirausahaan IT

2.       Keterampilan Berkomunikasi

3.       E-Bisnis

SEMESTER 5

1.        Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah

2.       Analisa dan Perancangan SI

3.       Testing dan Implementasi Sistem

4.       Kerja Praktek

5.       Pemrograman Mobile Lanjut

SEMESTER 6

1.     Tugas Akhir