Visi

Menjadi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Unggul dan Terpercaya di Tingkat Nasional dengan Reputasi Global dalam Bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship pada Tahun 2044”.

Misi

1. Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship melalui proses pembelajaran dengan menerapkan kurikulum yang berorientasi masa depan untuk menghasilkan keunggulan kompetensi lulusan pada skala Nasional dan Internasional;
2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang inovatif dan bermanfaat melalui kemitraan yang berkesinambungan pada skala Nasional dan Internasional;
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship untuk pemberdayaan masyarakat melalui kemitraan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan pada skala Nasional dan Internasional;
4. Menyelenggarakan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, adil dan bertanggungjawab dalam upaya menciptakan harmonisasi dan produktivitas kerja yang berdampak kepada peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan;
5. Membangun kerjasama dengan sekolah menengah, industri, asosiasi profesi, LSM, perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri dalam upaya menciptakan sinergi untuk melaksanakan tri dharma berdasarkan kepada manfaat bersama dan kesetaraan yang berdampak kepada keunggulan bersaing institusi;
6. Menyelenggarakan usaha-usaha kreatif di bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship sesuai dengan kompetensi dan sumber daya yang memiliki keunikan dan keunggulan bersaing sebagai wujud layanan kepakaran.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku dan kompetensi unggul di bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship yang relevan dengan kebutuhan industri serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menerapkan kurikulum MBKM yang mengedepankan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, manajerial, literasi finansial, literasi digital, serta kewirausahaan bagi mahasiswa agar siap beradaptasi dengan dunia kerja dan wirausaha.
  3. Membangun kelembagaan penelitian dan PkM yang kuat dengan mendorong budaya riset di kalangan dosen dan mahasiswa, serta menjalin kemitraan dengan industri, pemerintah, dan pakar di bidang teknologi informasi.
  4. Menghasilkan luaran penelitian dan PkM yang berkontribusi terhadap pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran, serta mendukung inovasi dan penerapan teknologi dalam pengembangan masyarakat.
  5. Meningkatkan kegiatan intelektual, olahraga, dan seni yang melibatkan sivitas akademika pada tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa secara holistik.
  6. Mengintegrasikan nilai-nilai luhur Universitas Bina Insani dalam sistem pendidikan dan pengelolaan program studi guna membangun karakter unggul pada lulusan.
  7. Mewujudkan sistem pengelolaan program studi yang profesional, transparan, dan akuntabel dengan menerapkan prinsip-prinsip Good University Governance untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.
  8. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal secara berkelanjutan guna meningkatkan standar mutu akademik dan non-akademik, serta menjamin kepuasan seluruh pemangku kepentingan.
  9. Mendorong etos kerja yang tinggi di kalangan dosen dan tenaga kependidikan dengan menerapkan sistem merit yang berbasis reward and punishment serta melakukan evaluasi kinerja secara terukur.
  10. Memperluas kemitraan dengan institusi dalam dan luar negeri guna meningkatkan kolaborasi dalam bidang tridharma perguruan tinggi, termasuk kerja sama akademik, penelitian, dan program magang industri.
  11. Mengembangkan sumber pendapatan alternatif melalui inkubator bisnis, business startup, layanan kepakaran, dan inovasi di bidang teknologi informasi guna mendukung kesejahteraan sivitas akademika serta keberlanjutan program studi.

Sasaran:

  1. Meningkatkan jumlah kerja sama dengan industri, perguruan tinggi, dan institusi lain bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik pada bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  3. Meningkatkan jumlah dosen dengan sertifikasi keahlian dan publikasi ilmiah pada bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship.
  4. Mendorong dosen untuk aktif dalam penelitian dan publikasi ilmiah pada bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship.
  5. Menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan teknologi terkini dan kebutuhan industri pada bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship.
  6. Meningkatkan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa dalam jurnal nasional dan internasional pada bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship.
  7. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi pada bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship.
  8. Meningkatkan jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja dalam waktu kurang dari 6 bulan pda bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship.
  9. Menjalin kerja sama dengan industri untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi lulusan pada bidang Software Engineering, Software Quality Assurance, Data Engineering dan Digital Entrepreneurship.
Kurikulum program studi Rekayasa Perangkat Lunak dirancang    berorientasi masa depan sesuai dengan SKKNI dan KKNI yang memiliki kompetensi dan sertifikasi tingkat Nasional/Internasional, mampu  bersaing  pada tingkat   Nasional  maupun  Internasional pada bidang  Rekayasa Perangkat Lunak khususnya pemrograman mobile dan game.
Lulusan program studi Rekayasa Perangkat Lunak memiliki karir dalam bidang  Software Engineer, Advance Mobile ComputingTechnopreneur bidang mobile dan game.
SEMESTER 11.     Bahasa Inggris I

2.     Kewarganegaraan

3.     Pengantar ICT

4.     Algoritma dan Pemrograman 1

5.     Logika Informatika

6.     Pengantar Jaringan Komputer

7.     Struktur Data

SEMESTER 2

1.     Bahasa Inggris II

2.    Bahasa Indonesia

3.     Algoritma dan Pemrograman 2

4.     Sistem Manajemen Basis Data

5.     Statistika dan Probabilitas

6.     Desain Grafis

7.     Pemrograman Berorientasi Objek

SEMESTER ANTARA 1

1.    Pendidikan Agama

2.    Matematika Diskrit

3.    Pengantar Sistem Operasi

SEMESTER 3

1.     Bahasa Inggris III

2.    Pancasila

3.     Pemrograman Web Dasar

4.     Perancangan Basis Data

5.     Rekayasa Perangkat Lunak

6.     Sistem Operasi Lanjut

7.     Arsitektur dan Organisasi Komputer

SEMESTER 4

1.     Pemrograman Web Lanjut

2.     Pemodelan Perangkat Lunak

3.     Pemrograman Mobile Dasar

4.     Kecerdasan Buatan

5.     Interaksi Manusia dan Komputer

6.     Pemodelan 3D

SEMESTER ANTARA 21.     Kewirausahaan IT

2.     Keterampilan Berkomunikasi

3.     Manajemen Proyek IT

 

SEMESTER 5

1.     Manajemen Kualitas Perangkat Lunak

2.     Analisa dan Perancangan SI

3.    Testing dan Implementasi Sistem

4.     Pemrograman Mobile Lanjut

5.     Desain Game

SEMESTER 6

1.     Kerja Praktek

2.     Mata Kuliah Pilihan 1

3.     Pemrograman Game Dasar

4.     Keamanan Perangkat Lunak

5.     Testing dan Implementasi Sistem

6.     Machine Learning

SEMESTER ANTARA 3

1.     Proyek Pengembangan Software

2.  Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah

3.     Etika Profesi IT

SEMESTER 7

1.    Matakuliah Pilihan 2

2.   Pemrograman Game Lanjut

SEMESTER 8

1.   Skripsi

Matakuliah Pilihan 1:

1.     Big Data Technology

2.     Pemrograman Mobile Advance

Matakuliah Pilihan 2:

1.    Cloud Computing

2.    Artificial Intelligence for Game

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 5630/SK/BAN-PT/Ak/S/VIII/2022, menyatakan bahwa Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Pada Program Sarjana Universitas Bina Insani, Kota Bekasi
memenuhi syarat peringkat Akreditasi Baik

Dokumen Sertifikat : unduh