VISI

“Menjadi Program Studi Vokasi yang Unggul dan Terpercaya di Tingkat Nasional dengan Reputasi Global Bidang Kesekretarisan Berbasis Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Kewirausahaan tahun 2044.”

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi di bidang vokasi melalui proses pembelajaran bidang Kesekretarisan Berbasis Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Kewirausahaan dengan menerapkan kurikulum yang berorientasi masa depan untuk menghasilkan keunggulan kompetensi lulusan pada skala Nasional dan Internasional;
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang vokasi dan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang inovatif dan bermanfaat bidang Kesekretarisan Berbasis Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Kewirausahaan melalui kemitraan yang berkesinambungan pada skala Nasional dan Internasional;
  3. Menyelenggarakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di bidang vokasi bidang Kesekretarisan Berbasis Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Kewirausahaan untuk pemberdayaan masyarakat melalui kemitraan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan pada skala Nasional dan Internasional;
  4. Menyelenggarakan usaha-usaha kreatif sesuai dengan kompetensi dan sumberdaya Institusi yang memiliki keunikan dan keunggulan bersaing, bidang Kesekretarisan Berbasis Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Kewirausahaan sebagai wujud layanan kepakaran Institusi.
  1. Diperoleh dan diimplementasikan kurikulum pembelajaran yang mengantisipasi kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang serta efektif dalam transfer pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa,
  2. Dihasilkannya lulusan yang unggul dan profesional bidang kesekretarisan sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
  3. Dihasilkannya luaran penelitian terapan yang unggul bidang kesekretarisan dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat
  4. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang utamanya terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat,
  5. Terlaksananya program kemitraan dengan institusi dalam upaya meningkatkan mutu pengelolaan program studi,
  6. Terwujudnya kondisi di mana lulusan bekerja tepat sesuai bidangnya dan cepat diserap oleh pasar kerja.
  1. Dilakukan tinjauan kurikulum secara periodik sebagai budaya perbaikan terus menerus dengan melibatkan para pemangku kepentingan sehingga kurikulum menjadi up to date dan efektif,
  2. Memberdayakan dosen secara optimal sehingga mampu menerapkan kurikulum dengan metode pembelajaran dan asesmen pembelajaran yang tepat dan efektif sehingga mahasiswa dapat mencapai capaian pembelajaran secara optimal,
  3. Menerapkan Student Centered Learning dalam metode pembelajaran,
  4. Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa dalam pelatihan tentang metodologi riset dan bimbingan teknis usulan penelitian dalam upaya mendapatkan hibah penelitian dari pemerintah dan pihak eksternal lainnya,
  5. Meningkatkan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa sehingga luaran penelitian memperoleh HaKI dan dapat dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi dan prosiding yang terindeks,
  6. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi Program Studi
  7. Membentuk jejaring kerja yang produktif dengan mitra institusi di dunia industri, perguruan tinggi, lembaga riset, publikasi, lembaga sertifikasi, dan asosiasi profesi,
  8. Memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja seperti pelatihan wawancara, pelatihan membuat daftar riwayat hidup yang menarik, seminar menghadapi dunia kerja
  9. Memberikan akses terhadap informasi lowongan kerja terutama dari alumni dan mitra industri serta mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk menjembatani mahasiswa dengan industri

Kurikulum Program Studi Sekretari difokuskan pada penguasaan bidang kesekretarisan dan komunikasi yang didukung oleh penguasaan information communication technology. Untuk menunjang ketrampilan dan penguasaan pengetahuan serta penguatan kompetensi, para mahasiswa akan mempelajari segala hal tentang kesekretarisan, event organizer& protokoler, hubungan masyarakat (humas), pelayanan prima, manajemen, akuntansi dan perpajakan; komunikasi, bahasa Inggris, bahasa Jepang, korespondensi niaga bahasa Indonesia dan Inggris; serta teknologi informasi.

Lulusan dipersiapkan untuk menduduki jabatan sebagai sekretaris pimpinan di semua sektor industri, public relation officer, asisten administrasi dan staf administrasi, customer service officer.

Semester 1

  1. English 1: Reading & Writing
  2. English Conversation
  3. Typing Tutor
  4. Pengantar Kesekretarisan 1
  5. Manajemen Waktu
  6. Dasar Dasar Akuntansi
  7. Pengantar Pajak
  8. Pengantar Manajemen dan Bisnis
  9. Pancasila dan Kewarganegaraan

SEMESTER 4

  1. EO dan Protokoler
  2. Manajemen Kearsipan
  3. Korespondensi Niaga Bahasa Inggris 2
  4. Korespondensi Niaga Bahasa Indonesia 2
  5. English 4: TOEIC
  6. English Conversation 4
  7. Bahasa Jepang 2
  8. Komunikasi Bisnis
  9. Aplikasi Komputer Sekretaris 3
  10. Agama

Semester 2

  1. English 2: Reading & Writing
  2. English Conversation 2
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Jepang 1
  5. Komunikasi Antarpribadi
  6. Aplikasi Komputer Sekretaris 1
  7. Pengantar Kesekretarisan 2
  8. Creativity Building
  9. Manajemen Perkantoran
  10. Etika Profesi

SEMESTER 5

  1. Aplikasi Kesekretarisan
  2. Hubungan Masyarakat
  3. English 5: TOEIC
  4. English Conversation 5
  5. Bahasa Jepang 4
  6. Manajemen Lintas Budaya
  7. Aplikasi Komputer Sekretaris 4
  8. Kewirausahaan
  9. Metodologi Penulisan Tugas Akhir

Semester 3

  1. English 3: Reading & Writing
  2. English Conversation 3
  3. Korespondensi Niaga Bahasa Inggris 1
  4. Korespondensi Niaga Bahasa Indonesia 1
  5. Bahasa Jepang 2
  6. Komunikasi Organisasi
  7. Aplikasi Komputer Sekretaris 2
  8. Pelayanan Prima
  9. Pengantar Bisnis

SEMESTER 6

  1. Penulisan Tugas Akhir + Magang + Praktek Kerja