VISI

“Menjadi perguruan tinggi bagus dan bermutu yang menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang Sekretari dan Manajemen Administrasi di Bekasi tahun 2029/2030

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi untuk mewujudkan ASM Bina Insani yang kuat dan berkembang serta menjadi pilihan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi bidang sekretari dan manajemen administrasi melalui proses pembelajaran dan layanan setelah selesai masa studi untuk membentuk insan berkualitas dan unggul memenuhi tuntutan pekerjaan.
  3. Menyelenggarakan penelitian terapan bidang sekretari dan manajemen administrasi yang bermanfaat, pada gilirannya diwujudkan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui kemitraan yang berkesinambungan dengan pemerintah, swasta, cendekiawan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan intra/ekstra kurikuler dengan membina dan mengembangkan potensi mahasiswa.
  5. Menyelenggarakan tata pamong dan tata kelola yang kredibel, tersistem, transparan dan akuntabel guna menciptakan suasana akademis dan lingkungan kerja yang kondusif.
  1. Terbentuknya jaringan kerja yang produktif dengan sivitas akademika, lulusan, dunia bisnis, masyarakat melalui komunikasi intensif,
  2. Dihasilkannya lulusan yang kompeten dan profesional, memenuhi permintaan dunia usaha di bidang sekretari dan manajemen administrasi, sesuai dengan IPTEK yang sedang berkembang,
  3. Terbentuknya kelembagaan penelitian, dengan mengutamakan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat, melalui kebiasaan meneliti dan mengabdi kepada masyarakat di kalangan sivitas akademika, serta menjalin kemitraan dengan pemerintah, swasta dan cendekiawan,
  4. Teerwujudnya masyarakat berkembang melalui hasil penelitian, kemudian penerapannya dalam bentuk pengabdian pada masyarakat sebagai wujud penyebaran IPTEK,
  5. Terbentuknya jiwa kewirausahaan dan kepimpinan serta meningkatan keterampilan di bidang kesekretarisan dan manajemen administrasi,
  6. Terbentuknya kondisi intelektual melalui kegiatan seni dan olahraga dengan melibatkan seluruh insan ASM Bina Insani,
  7. Terwujudnya peningkatan standar mutu melalui penerapan system penjaminan mutu internal dan eksternal yang terukur dan terjadwal,
  8. Terwujudnya kepuasan kerja di kalangan sivitas akademika dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan melalui penerapan merit system, penghargaan dan sanksi yang terukur serta terjadwal,
  9. Terwujudnya visi melalui penanaman falsafah dan nilai-nilai luhur ASM Bina Insani
  1. Meningkatnya kerjasama dan komunikasi yang intens dengan pemerintah, swasta, dan cendekiawan untuk mewujudkan peningkatan jiwa kewirausahaan, kepemimpinan, dan intelektual bagi mahasiswa
  2. Meningkatnya suasana akademik, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan yang menunjang pengembangan kegiatan Tri Dharma sesuai dengan IPTEK yang berkembang
  3. Meningkatnya budaya meneliti dan mengabdi kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan penelitian unggulan sesuai dengan bidang keilmuan
  4. Membangun sistem informasi yang terintegrasi
  5. Meningkatnya kualitas sumber daya manusia
  6. Meningkatnya pengelolaan sarana dan prasarana
  7. Meningkatnya pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan serta meningkatnya kemandirian dalam pendanaan
  8. Meningkatnya kualitas Pusat Jaminan Mutu Internal yang bekerja secara terencana dan berkesinambungan
  9. Meningkatkannya kualitas tata kelola dan kelembagaan dalam rangka mewujudkan visi

VISI

“Menjadi Program Studi Bagus dan Bermutu yang Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi bidang Sekretari di Bekasi tahun 2029/2030”

MISI

1.Menyelenggarakan proses pembelajaran yang unggul dalam capaian pembelajaran, metode pembelajaran dan asesmen pembelajaran,

2.Menyelenggarakan penelitian yang melibatkan civitas akademika untuk menghasilkan luaran penelitian yang unggul melalui berbagai sumber pendanaan utamanya hibah Pemerintah dan pihak eksternal lainnya,

3.Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui dana hibah dari pemerintah dan pihak eksternal lain, yang pelaksanaannya melibatkan civitas akademika untuk memberikan solusi terhadap berbagai masalah-masalah masyarakat, utamanya dalam bidang kesekretariatan, teknologi informasi dan komunikasi,

4.Menjalin kerjasama dengan mitra institusi di dunia industri, perguruan tinggi, lembaga riset, publikasi, lembaga sertifikasi, dan asosiasi profesi untuk mendukung kegiatan tridharma dan resource sharing guna peningkatan mutu program studi,

5.Menjalin kerjasama dengan mitra industri dalam upaya meningkatkan kesesuaian kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja dan meningkatkan penerimaan lulusan program studi sekretaris di perusahaan.

  1. Diperoleh dan diimplementasikan kurikulum pembelajaran yang mengantisipasi kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang serta efektif dalam transfer pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa,
  2. Dihasilkannya lulusan yang unggul dan profesional bidang kesekretarisan sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
  3. Dihasilkannya luaran penelitian terapan yang unggul bidang kesekretarisan dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat
  4. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang utamanya terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat,
  5. Terlaksananya program kemitraan dengan institusi dalam upaya meningkatkan mutu pengelolaan program studi,
  6. Terwujudnya kondisi di mana lulusan bekerja tepat sesuai bidangnya dan cepat diserap oleh pasar kerja.
  1. Dilakukan tinjauan kurikulum secara periodik sebagai budaya perbaikan terus menerus dengan melibatkan para pemangku kepentingan sehingga kurikulum menjadi up to date dan efektif,
  2. Memberdayakan dosen secara optimal sehingga mampu menerapkan kurikulum dengan metode pembelajaran dan asesmen pembelajaran yang tepat dan efektif sehingga mahasiswa dapat mencapai capaian pembelajaran secara optimal,
  3. Menerapkan Student Centered Learning dalam metode pembelajaran,
  4. Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa dalam pelatihan tentang metodologi riset dan bimbingan teknis usulan penelitian dalam upaya mendapatkan hibah penelitian dari pemerintah dan pihak eksternal lainnya,
  5. Meningkatkan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa sehingga luaran penelitian memperoleh HaKI dan dapat dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi dan prosiding yang terindeks,
  6. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi Program Studi
  7. Membentuk jejaring kerja yang produktif dengan mitra institusi di dunia industri, perguruan tinggi, lembaga riset, publikasi, lembaga sertifikasi, dan asosiasi profesi,
  8. Memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja seperti pelatihan wawancara, pelatihan membuat daftar riwayat hidup yang menarik, seminar menghadapi dunia kerja
  9. Memberikan akses terhadap informasi lowongan kerja terutama dari alumni dan mitra industri serta mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk menjembatani mahasiswa dengan industri

Kurikulum Program Studi Administrasi Perkantoran / Sekretari difokuskan pada penguasaan bidang ilmu Tata Kelola Perkantoran, Komunikasi, PR dan Kesekretarisan. Penguatan kompetensi ditunjang dengan pemberian materi manajemen, komunikasi, Event Organizer & Protokoler, hubungan masyarakat, bahasa inggris, bahasa jepang, korespondensi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ekspor impor, administrasi berbasis komputer, akuntansi dan perpajakan.

Lulusan mampu menduduki jabatan sebagai Executive Secretary, Senior Secretary, Public  Relation Officer, Administration Staff dan Customer Service Officer.

Semester 1

  1. English 1: Reading & Writing
  2. English Conversation
  3. Typing Tutor
  4. Pengantar Kesekretarisan 1
  5. Manajemen Waktu
  6. Dasar Dasar Akuntansi
  7. Pengantar Pajak
  8. Pengantar Manajemen dan Bisnis
  9. Pancasila dan Kewarganegaraan

SEMESTER 4

  1. EO dan Protokoler
  2. Manajemen Kearsipan
  3. Korespondensi Niaga Bahasa Inggris 2
  4. Korespondensi Niaga Bahasa Indonesia 2
  5. English 4: TOEIC
  6. English Conversation 4
  7. Bahasa Jepang 2
  8. Komunikasi Bisnis
  9. Aplikasi Komputer Sekretaris 3
  10. Agama

Semester 2

  1. English 2: Reading & Writing
  2. English Conversation 2
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Jepang 1
  5. Komunikasi Antarpribadi
  6. Aplikasi Komputer Sekretaris 1
  7. Pengantar Kesekretarisan 2
  8. Creativity Building
  9. Manajemen Perkantoran
  10. Etika Profesi

SEMESTER 5

  1. Aplikasi Kesekretarisan
  2. Hubungan Masyarakat
  3. English 5: TOEIC
  4. English Conversation 5
  5. Bahasa Jepang 4
  6. Manajemen Lintas Budaya
  7. Aplikasi Komputer Sekretaris 4
  8. Kewirausahaan
  9. Metodologi Penulisan Tugas Akhir

Semester 3

  1. English 3: Reading & Writing
  2. English Conversation 3
  3. Korespondensi Niaga Bahasa Inggris 1
  4. Korespondensi Niaga Bahasa Indonesia 1
  5. Bahasa Jepang 2
  6. Komunikasi Organisasi
  7. Aplikasi Komputer Sekretaris 2
  8. Pelayanan Prima
  9. Pengantar Bisnis

SEMESTER 6

  1. Penulisan Tugas Akhir + Magang + Praktek Kerja