PKM Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai pada SMK Teratai Putih Global 4 Kota Bekasi

Universitas Bina Insani menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai pada SMK Teratai Putih Global 4 Kota Bekasi. Adapun mitra PkM adalah SMK Teratai Putih Global 4 Kota Bekasi berlokasi di kompkek BKKBN Mustika Jaya, Kota Bekasi, merupakan sekolah unggulan yang dikembangkan Yayasan Teratai Putih Global yang memiliki tujuan antara lain menghasilkan tamatan yang bertaqwa, kreatif dan inovatif serta cerdas dalam bertindak yang senantiasa siap berkompetisi dalam kehidupan Global. Pada tahun 2007, SMK Teratai Putih Global 4 Bekasi telah menjadi sekolah dengan predikat Sekolah Standar Nasional (SSN).

Kegiatan PkM dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Agustus 2022 pada pukul 08.00-10.00 WIB secara tatap muka di Ruang Laboratorium Komputer Multimedia SMK Teratai Putih yang dipublikasikan melalui channel Youtube dan dapat diakses pada link url: https://youtu.be/JA4EqOTCgVA. Peserta dari PkM ini adalah Siswa-siswi kelas XI dan kelas XII sebanyak 26 orang dengan melakukan pengisian daftar hadir dan Umpan Balik. Pembawa acara pada kegaitan PkM ini adalah Mahasiswa dari Program Studi Manajemen Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, yaitu: Rama Rafsanjani dan Afifah Putri Witjaksono.

Susunan acara dalam PkM ini adalah peserta memasuki ruang Laboratorium Komputer SMK Teratai Putih Global 4 untuk registrasi jam 07.30-08.00 WIB oleh Mahasiswa dan dilanjutkan dengan pembukaan pada pukul 08.00-08.15 WIB dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Bina Insani, Sambutan oleh Ketua Program Keahlian SMK Teratai Putih Global 4 oleh Bapak Apit Handoko. Acara dilanjutkan oleh moderator Bapak Mardi Yudhi Putra,S.T., M.Kom dan dilanjutkan sesi pemaparan materi dari narasumber dan sekaligus tanya jawab oleh pembawa acara. Narasumber Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai adalah Ari Nurul Alfian, S.Pd., M.Kom sebagai pemateri yang menjelaskan mengenai Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai. Saat penyampaian materi peserta pelatihan diberikan kertas berupa marker kemudian mewarnai kertas sesuai dengan warna yang disukai. Setelah selesai mewarnai peserta mencoba praktek scan objek 2D ke objek 3D menggunakan aplikasi Quiver sebari penjelasan konsep augmented reality.

Peserta begitu antusias adanya pelatihan materi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai. Pada akhir kegiatan sebagai adanya umpan balik dalam PkM ini, maka peserta melakukan pengisian kuesioner yang mana peserta yang melakukan mengisi kuesioner sebanyak 26 responden. Hasil penilaian yang didapatkan kepuasan atas materi dan teknik penyajian kepada peserta terhadap kegiatan PkM ini adalah sebesar 69,2% menyatakan Baik sekali dan 30.8% menyatakan Baik . Tentunya merupakan akumulasi dari kriteria baik dan baik sekali dari 10 indikator yang disampaikan kepada responden. Ucapan terima kasih kepada Kepala sekolah Bapak Drs. Tatang Apendi, MA., dan Wakil Kepala Sekolah Ibu Yayah. Selain itu ucapan terima kasih kepada Kepala LPPM beserta seluruh civitas akademika Universitas Bina Insani yang telah berpartisipasi sehingga PkM ini dapat terlaksana dengan Baik sehingga Kegiatan Tridharma semester genap 2021/2022 dapat terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *