Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy “Kelas Umum Google”
Acara Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy ”Kelas Google” diisi oleh Narasumber Bu Diana Aletheia Balienda dan Mas Jefri Yushendri, acara ini berlangsung selama 3 hari pada tanggal 31 Oktober, 1,2 November 2022 dan minggu ke dua dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 7, 8 November 2022.
Dalam kelas ini mahasiswa dibantu untuk membangun merek pribadi masing masing dengan perencanaan pemasaran digital, karena dengan rencana digitalisasi yang tepat akan melesat cepat secara global untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, bisnis. Untuk memulai bisnis saat ini membutuhkan rencana pemasaran digital yang kuat dan baik untuk menjangkau konsumen dan mempromosikan produk. Langkah awal dalam pemasaran kita harus menguasai dasar dasar pemasaran digital. Ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu, peran digital dalam bisnis, tetapkan strategi bisnis online anda,
Dalam pemasaran digital kita bisa mempromosikan produk yang kita miliki dengan leluasa, tetapi untuk melakukan hal tersebut, kita harus memerhatikan hal – hal berikut,
- Gol bisnis jangka pendek, menengah dan panjang
- Strategi digital
- Saluran digital
- Rencana tindakan dan pengembangan,
- Investasi dan anggaran,
- Waktu dan tahapan
Dijelaskan juga, kenapa kita harus meyakinkan konsumen tentang produk kita melalui pemasaran digital, dengan cara berikut ini.
- Tarik, yakinkan, pengaruhi, dan buat pelanggan anda jatuh cinta dengan produk dan layanan anda.
- Rencankan semua strategi dan tindakan untuk menjangkau target pelanggan anda.
- Segmentasi kampanye pemasaran anda
Lalu kita harus menetapkan strategi bisnis online kita dengan cara memikirkan 3 pernyataan berdasarkan model lingkaran emas, mengapa kita membuat bisnis yang kita lakukan sekarang serta tujuannya, Apa produk yang akan ditawarkan ke target pasar kita, Bagaimana kita berbeda dari pesaing mula, dari kelebihan barang apa yang kita tawarkan.
Dalam memasarkan produk kita harus ada hal menarik yang bisa menjadi kekuatan bisanis kita, untuk menarik pelanggan, hal unik ini disebut Unique selling point. Disebutkan juga 5 langkah menyusun rencana pemasaran digital,
- Jadikan bisnis anda menonjol, dengan melakukan analisis situasional pada bisnis menggunakan kerangka kerja SWOT. Lakukan analisis pesaing bisnis menggunakan mesin pencari & google alerts.
- Personalisasikan rencana pemasran anda dengan cara mengelompokan pembeli yang berbeda dengan bauran pemaasran yang berbeda dengan cara, pahami karaterisktik pasar sasaran, sesuaikan dan personalisasikan pendekatan pemasaran, pemasaran hemat biaya, hasilkan loyalitas pelanggan dan dukungan merek.
Segmentasi pasar dikelompokan menjadi 4 bagian
- Demografi yaitu usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan.
- Geografis yaitu negara, kota, perkotaan atau pedesaan.
- Psikografis yaitu, gaya hidup, status sosial, kepribadian.
- Perilaku yaitu tingkat penggunaan, loyalitas, kesiapan pembeli
Dijelaskan juga, kenapa kita harus meyakinkan konsumen tentang produk kita melalui pemasaran digital, dengan cara berikut ini.
- Tarik, yakinkan, pengaruhi, dan buat pelanggan anda jatuh cinta dengan produk dan layanan anda.
- Rencankan semua strategi dan tindakan untuk menjangkau target pelanggan anda.
- Segmentasi kampanye pemasaran anda
Lalu kita harus menetapkan strategi bisnis online kita dengan cara memikirkan 3 pernyataan berdasarkan model lingkaran emas, mengapa kita membuat bisnis yang kita lakukan sekarang serta tujuannya, Apa produk yang akan ditawarkan ke target pasar kita, Bagaimana kita berbeda dari pesaing mula, dari kelebihan barang apa yang kita tawarkan.
Dalam memasarkan produk kita harus ada hal menarik yang bisa menjadi kekuatan bisanis kita, untuk menarik pelanggan, hal unik ini disebut Unique selling point. Disebutkan juga 5 langkah menyusun rencana pemasaran digital,
- Jadikan bisnis anda menonjol, dengan melakukan analisis situasional pada bisnis menggunakan kerangka kerja SWOT. Lakukan analisis pesaing bisnis menggunakan mesin pencari & google alerts.
- Personalisasikan rencana pemasran anda dengan cara mengelompokan pembeli yang berbeda dengan bauran pemaasran yang berbeda dengan cara, pahami karaterisktik pasar sasaran, sesuaikan dan personalisasikan pendekatan pemasaran, pemasaran hemat biaya, hasilkan loyalitas pelanggan dan dukungan merek.
Segmentasi pasar dikelompokan menjadi 4 bagian
- Demografi yaitu usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan.
- Geografis yaitu negara, kota, perkotaan atau pedesaan.
- Psikografis yaitu, gaya hidup, status sosial, kepribadian.
- Perilaku yaitu tingkat penggunaan, loyalitas, kesiapan pembeli
- Untuk menetapkan gol pemasaran kita juga diarahkan untuk menggunakan kerangka kerja 5S yaitu, sell(menjual), speak(berbicara), serve(melayani), save(menghemat), save(menghemat). Setelah kita mengetahui golnya langkah selanjutnya adalah menetapkan cara untuk mengukur kinerja kemampuan yang kita miliki untuk mencapai gol tersebut.
- Memilih saluran digital yang tepat, langkah pertama yang dilakukan adalah
- Penelusuran organik melalui search engine
- Metode pencarian berbayar melalui iklan pay-per-click (PPC)
- Berinteraksi dengan pelanggan melalui pemasaran media
- Mengedukasi pelanggan melalui konten marketing
- Kirim pesan yang dipersonalisasi melalui email pemasaran
- Jangkauan pengguna baru melalui pemasaran influencer
- Ukur hasil dan KPI, berikut adalah beberapa metrik yang perlu dipertimbangkan, dipecah berdasarkan saluran pemasaran yang efektif: Mesin pencarian dengan memperhatikan angka klik tayang, tautan balik(backlink), posisi organik pada kata kunci komersial. Email pemasaran dengan melihat tingkat pertumbuhan pendaftaran, klik-tayang CTA, tingkat penerusan. Media sosial dengan memperhatikan mention pada merek, tingkat keterlibatan, angka share konten.
Ukur metrik kita dengan analitik gratis seperti Google Analytics. Dengan laporan hasil metrik yang kita terima, dapat disimpulkan bagaimana kinerja setiap gol yang bisa dilacakan di situs web kita. Dengan adanya laporan ini memungkinkan kita untuk melacak tindakan pengguna di situs kita yang menunjukan bahwa gol bisnis terpenuhi, Analisa tingkat konversi yaitu hasil dari keseluruhan traffic segmen audiens kita yang berbeda, Analisa gol melalui corong untuk mengidentifikasi pada tahap apa pengguna berhenti untuk menyelesaikan konversi.
Perkembangan ekonomi yang sedang berjalan saat ini membuat banyak masyarakat Indonesia menjadi lebih kreatif dan mencari cara untuk memasarkan produk yang mereka jual lebih dapat dilihat dan dibeli dengan konsumen banyak, maka dari itu semua pembahasan mengenai trik penjualan dan tips dipaparkan pada seminar pelatihan digital enterpeneurship ini, yang mana sangat berguna untuk mahasiswa. Terutama yang memiliki bisnis, memulai bisnis, serta memiliki keinginan untuk berbisnis.